Pengertian game menurut beberapa ahli:
- Menurut Agustinus Nilwan, game merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Jika ingin mendalami pengunaan animasi haruslah memahami pembuatan game. Atau jika ingin membuat game, maka haruslah memahami teknik dan metode animasi, sebab keduanya saling berkaitan.
- Menurut Clark C. Abt, Game adalah kegiatan yang melibatkan keputusan pemain, berupaya mencapai tujuan dengan dibatasi oleh konteks tertentu (misalnya, dibatasi oleh peraturan).
- Menurut Chris Crawford, seorang computer game designer mengemukakan bahwa game, pada intinya adalah sebuah interaktif, aktivitas yang berpusat pada sebuah pencapaian, ada pelaku aktif (player), ada pelaku pasif (NPC).
- Menurut David Parlett, Game adalah sesuatu yang memiliki "akhir dan cara mencapainya" : artinya ada tujuan, hasil dan serangkaian peraturan untuk mencapai keduanya.
- Menurut Roger Caillois, seorang sosiolog Perancis, dalam bukunya yang berjudul Les jeux et les hommes menyatakan game adalah aktivitas yang mencakup karakteristik berikut: fun (bebas bermain adalah pilihan bukan kewajiban), separate (terpisah), uncertain, non-productive, governed by rules (ada aturan), fictitious (pura-pura).
- Menurut Greg Costikyan, Game adalah “sebentuk karya seni di mana peserta, yang disebut Pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumberdaya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan”.
2. Perkembangan Game
Sebelum
video games muncul dengan tanpilan modern seperti pada saat ini, masih
banyak orang yang belum mengenal komputer dan perkembangan teknologi informasi
saat itu masih lambat. Ketika itu, komputer memiliki biaya mahal, membutuhkan
ruang yang luas, konsumsi daya yang besar, dan kebutuhan staf terlatih untuk
mengoperasikannya. Hal ini menyebabkan adanya lingkungan yang membenarkan
penggunaan komputer untuk ilmu pengetahuan dan bisnis kerja yang serius.
Sebagian besar penciptaan permainan pada awalnya hanya untuk pengujian
teori-teori yang berkaitan dengan bidang-bidang seperti interaksi
manusia-komputer, belajar adaptif, dan strategi militer. Karena penciptaan
awalnya yang masih serampangan dan kurangnya kepedulian dalam melestarikan game
pada saat itu, merupakan suatu kesulitan tersendiri untuk menentukan video
games pertama. Beberapa yang dianggap sebagai game pertama adalah
Nimrod (1951), OXO (1952), dan Hutspiel (1955).
Salah satu game yang paling menonjol di antara semua game pada
awal penciptaannya adalah Tennis for Two (1958). Game ini diciptakan
pertama kali oleh fisikawan William Higinbotham untuk menghibur tamu di hari
pengunjung tahunan yang diadakan Brookhaven National Laboratory. Tennis for Two
menampilkan lapangan tenis pada osiloskop dimana dua pemain menggunakan
kontroler berbentuk kotak dengan tombol untuk lintasan dan tombol untuk memukul
bola. Permainan ini sempat populer, namun akhirnya dibongkar untuk kebutuhan
lain.
Gambar
1. Tennis for Two
|
Selanjutnya, pada tahun 1962, sekelompok peneliti dari
Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang dipimpin oleh Steve Russell
bersama dengan mahasiswanya membuat suatu permainan komputer dengan nama Spacewar!
Game ini akhirnya dinobatkan sebagai permainan komputer pertama yang
berpengaruh secara luas. Permainan ini menceritakan tentang dua pesawat ruang
angkasa yang dikendalikan manusia berusaha untuk saling menghancurkan dengan
torpedo.
Seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya muncul suatu konsol game
yang kelak akan mengubah dunia game secara keseluruhan. Hal ini ditandai dengan
lahirnya Magnavox Odyssey pada tahun 1972. Konsol ini muncul berdasarkan
inisiatif dari Ralph Baer. Hal ini mengakibatkan game kini bisa
dimainkan di mana saja tanpa harus mengunjungi suatu institusi pendidikan.
Pada perkembangan selanjutnya, terdapat beberapa perkembangan
konsol game yang muncul sepanjang sejarah kemunculan video games.
Perkembangan ini dapat dirangkum dalam 8 generasi yang berbeda, antara lain
sebagai berikut:
1) Game generasi pertama
Generasi
ini ditandai dengan lahirnya konsol game Magnavox Odyssey pada Agustus
1972. Konsol ini diciptakan oleh perusahaan Magnavox atas dasar pemikiran dari
Ralph Baer. Odyssey memiliki ciri khas hanya mengeluarkan suara “pong”. Karena
hal inilah, muncul game bernama Pong yang bernuansa hitam dengan garis
putih-putih. Selain itu, terdapat 27 game yang bisa dimainkan. Konsol
yang digunakan pada masa itu masih merupakan konsol analog.
2) Game generasi kedua
Pada
generasi ini, sudah mulai muncul game dengan tipe 8-bit. Generasi ini
muncul dari tahun 1976-1982. Ketika itu, sudah banyak konsol game yang
bermunculan, tidak hanya Magnavox saja. Beberapa di antaranya adalah Fairchild
Channel F dan Radofin 1292. Pada zaman ini, Atari menjadi penguasa konsol game
pada tahun 1982 dengan menerbitkan Atari 5200. Saat itu, Space Invaders menjadi
game yang paling fenomenal.
3) Game generasi ketiga
Pada
generasi ini, perusahaan game Atari sudah mulai tersingkirkan dengan
konsol keluaran Famicom yang akhirnya lebih dikenal dengan nama Nintendo
Entertainment System (NES). Walaupun generasi kedua sudah menggunakan prosesor
8-bit, namun istilah “bit” baru dikenal pada konsol di era ini. Selain itu,
juga mulai dikenalkan game dengan grafis 16-bit, seperti The Border
Lands, Super Mario Bros 2, dan Mortal Kombat. Pada generasi ini, Super Mario
Bros miliki Nintendo bersaing ketat dengan Sonic The Hedgehog milik Sega.
4) Game generasi keempat
Generasi
ini mulai muncul pada tahun 1988. Ketika itu, Nintendo dan Sega saling bersaing
satu sama lain dalam hal konsol game. Di tahun 1988, Sega meluncurkan
Sega Mega Drive atau disebut Sega Genesis. Tampilan grafis pada konsol ini
lebih halus dari NES. Namun, penjualan NES masih dalam keadaan sedang
tinggi-tingginya. Akhirnya, pada tahun 1990, Nintendo mengeluarkan penerus NES,
yaitu SNES (Super Nintendo Entertainment System). Pada generasi ini, Nintendo
sudah mulai menguasai pasar game dan juga merilis konsol genggam (handheld
console).
5) Game generasi kelima
Generasi
ini berlangsung pada tahun 1994-2001. Hal ini ditandai dengan rilisnya
konsol buatan Sega, yaitu Sega Saturn. Pada era ini, prosesor 32-bit mulai
diperkenalkan ke publik. Sony juga mulai mengeluarkan PlayStation (PS) pertama,
yaitu PS One dengan salah satu game-nya Driver. Sedangkan, Nintendo
meluncurkan Nintendo 64 dengan game besutannya adalah Super Mario 64.
Pada masa ini, cartridge sudah mulai digantikan dengan CD yang lebih praktis.
6) Game generasi keenam
Generasi
ini pertama kali muncul pada tahun 1998 dimana Nintendo meluncurkan Nintendo
GameCube. Namun, konsol ini tidak dilanjutkan lagi produksinya pada tahun 2007.
PlayStation sudah memasuki generasi kedua hingga akhirnya tidak diproduksi pada
tahun 2013. Sega Dreamcast juga dibuat oleh Sega pada tahun 2001. Ketika itu,
Microsoft ikut berkecimpung dengan meluncurkan Xbox generasi pertama tahun 2001
dan diakhiri produksinya pada 2008. Generasi ini juga dikenal sebagai generasi
128-bit. Di era ini, perang konsol terjadi antara Sony dengan Microsoft yang
menyebabkan kejatuhan Sega.
7) Game generasi ketujuh
Generasi
ini berlangsung dari tahun 2005 hingga saat ini. Era konsol ini dimulai ketika
Microsoft meluncurkan Xbox 360 pada tahun 2005. Hal ini diikuti dengan
munculnya PS3 oleh Sony dan Wii oleh Nintendo dimana keduanya dirilis pada
tahun 2006. Pada masa ini, CD biasa sudah mulai digantikan oleh Blu-Ray yang
harganya lebih mahal. Mengenai resolusi pada televisi, PS3 menggunakan Full HD,
X360 menggunakan HD, dan Wii menggunakan 480p. Controller yang digunakan
pada era ini sudah berupa wireless Bluetooth. Namun, untuk Nintendo Wii,
controller-nya (Wiimote) menggunakan sinar infra merah. Pada 2010, Sony
mengeluarkan PlayStation Move untuk PS3 dan Microsoft membuat Kinect untuk Xbox
360. Keduanya memiliki fungsi yang mirip dengan Wiimote, namun Kinect lebih
unggul karena pengguna menjadi controller-nya. Pada generasi ini, sudah
mulai dikenal sistem permainan online.
8) Game generasi kedelapan
Generasi
ini dimulai pada tahun 2012 yang juga disebut sebagai Next-Gen. Era ini
merupakan masa dimana PS3 mulai dibuat penerusnya dengan PS4, Xbox 360 dengan
penerus Xbox One, dan Wii dengan penerus Wii U dengan tambahan gamepad.
Generasi ini diharapkan akan mengungguli generasi sebelumnya dengan angka
penjualan yang tinggi pada 24 jam setelah perilisannya, yaitu 1 juta unit untuk
PS4 dan Xbox One. Pada generasi ini, prosesor AMD serta kartu grafis NVIDIA mulai digunakan pada konsol. PlayStation Vita termasuk dalam
generasi ini.
Gambar 8. The witcher 3
3. Hal-Hal Yang Dibutuhkan Dalam Membuat Game
Apabila kita ingin menciptakan sebuah game, maka kita harus
memenuhi syarat-syarat tertentu, agar kita lebih mudah untuk masuk dalam dunia
game ini.
Syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:
Syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:
- Memiliki pengetahuan dasar tentang menggunakan computer. Hal ini ditujukan agar kita tidak bingung dalam menggunakan fungsi –fungsi yang ada di dalam computer. seperti cara menyimpan data, menghapus data, mengcopy data dan yang lainnya.
- Memiliki
pengetahuan tentang berbagai macam software pendukung dan fungsinya.
Hal Ini merupakan salah satu dari hal-hal yang patut kita kuasai, kita harus mengetahui software-software dan fungsinya , seperti “Adobe Photoshop” yang berfungsi untuk membuat/ mengedit gambar, dan banyak lagi.
- Memiliki pengetahuan tentang berbagai macam format file. Setidaknya anda harus memiliki pengetahuan dalam mengenali format-format dari file. Bila anda menguasai hal ini , otomatis akan memudahkan kita untuk memahami proses yang lain.
- Mempunyai bakat / talenta di bidang seni khususnya. Game merupakan sebuah wadah yang menampung berbagai macam seni baik itu seni rupa, seni musik, seni penulisan( segi cerita) maupun seni gerak. Jadi sangat bagus apabila kita memiliki bakat di bidang seni .Akan tetapi bagi kita yang tidak memiliki talenta di bidang ini tidak perlu berkecil hati, karena bukan berarti kita tidak bisa membuat game, tetapi kita dapat giat berlatih mengasah kepandaian kita seperti melukis, atau kita juga dapat menggunakan gambar atau musik ciptaan orang lain untuk dijadikan bahan bagi game kita, hanya saja hasilnya tidak akan orisinil.
- Memiliki
logika yang tajam, dalam membuat game , nantinya kita akan berhadapan dengan
penggunaan script(program) untuk mengatur control pada karakter, musuh,
dan lain-lain.
Bila kita memiliki logika yang baik disertai kepandaian berhitung yang lumayan, kita tidak akan tersesat didalam pemrograman.
- Mempunyai
motivasi, Ini merupakan hal yang sangat penting, dalam membuat game.
Banyak para game creator yang berhenti membuat game karena merasa bosan dan malas untuk melanjutkan proyeknya, hal seperti ini tidak akan terjadi apabila kita mempunyai motivasi yang tinggi untuk menciptakan sesuatu yang anda inginkan.
Program/ software yang dapat digunakan untuk membuat
game.
Ada 2 cara yang dapat digunakan dalam membuat game, yaitu:
- Dengan
membuat sendiri program yang akan digunakan untuk membuat game ( umumnya
professional game developer yang menggunakan cara ini).
- Dengan
menggunakan program jadi yang tinggal kita gunakan.
Untuk membuat program sendiri tidak akan kita bahas disini
karena tujuan penulisan ini adalah untuk amateur game developer , tapi sekedar
pengetahuan saja, untuk membuat program sendiri kita harus memahami bahasa
pemrograman , dan untuk membuat program sendiri, kita dapat menggunakan
“Visual Basic”, “C++”,dll.
Berikut ini akan dijabarkan beberapa jenis game berdasarkan cara
pembuatannya, cara pemasarannya,
mesin yang menjalankannya. Jenis game diantaranya adalah :
1. Game PC
Game yang dimainkan pada PC (Personal Computer) yang memiliki
kelebihan yaitu memiliki tampilan antarmuka yang baik untuk
input maupun output, output visual kualitas tinggi
karena layar computer biasanya memiliki resolusi yang jauh
lebih tinggi dibandingkan
dengan layar
televise biasa.
2. Game Console
Game yang dijalankan pada suatu mesin spesifik yang biasanya tersedia
di rumah pribadi, seperti Microsoft Xbox 360,
Nintendo Wii dan sebagainya.
3. Game Arcade
Game yang dijalankan pada mesin dengan
input dan output audio
visual yang telah
terintegrasi dan tersedia ditempat-tempat umum,
seperti
mal,
bandara dan sebagainya.
4. Game Online
Game yang hanya dapat dimainkan secara online melalui LAN atau internet.
Program-program untuk membuat game ada bermacam-macam.
Game maker
Developer:Mark OvermarsGame maker
Difficulty: Easy-Intermediate
Game maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk digunakan.
Dengan program ini anda dapat menciptakan game jenis apa saja yang anda inginkan seperti: racing,action,fighting,rpg,adventure,puzzle,tactic,simulation,dll.
Program ini lebih focus pada game berjenis 2D tetapi program ini juga menyediakan feature yang memungkinkan anda untuk membuat game jenis 3D ,namun anda tidak bisa membuat game sekelas “Halo”, ”Empire Earth”, “Need for Speed”, dengan program ini.
Karena feature 3D yang diberikan hanya untuk membuat game 3D yang sederhana.
Script yang dipakai adalah GML (Game Maker Language) yang juga bisa dipadukan dengan programming language seperti Delphi,C,dan sebagainya,hal ini bisa dilakukan dalam kapasitas penggunaan DLL (Dynamic Link Library,berupa semacam plugin yang mengandung fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh GameMaker)
Game maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk digunakan.
Dengan program ini anda dapat menciptakan game jenis apa saja yang anda inginkan seperti: racing,action,fighting,rpg,adventure,puzzle,tactic,simulation,dll.
Program ini lebih focus pada game berjenis 2D tetapi program ini juga menyediakan feature yang memungkinkan anda untuk membuat game jenis 3D ,namun anda tidak bisa membuat game sekelas “Halo”, ”Empire Earth”, “Need for Speed”, dengan program ini.
Karena feature 3D yang diberikan hanya untuk membuat game 3D yang sederhana.
Script yang dipakai adalah GML (Game Maker Language) yang juga bisa dipadukan dengan programming language seperti Delphi,C,dan sebagainya,hal ini bisa dilakukan dalam kapasitas penggunaan DLL (Dynamic Link Library,berupa semacam plugin yang mengandung fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh GameMaker)
RPG MAKER(R.M)
Developer: Enterbrain
Difficulty: Easy
R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game).
Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami, karena dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit.
Umumnya banyak orang-orang yang mulai membuat game karena kecintaanya dengan dunia R.P.G , Misalkan setelah bermain “Suikoden “ atau “Final Fantasy”,seseorang merasa ingin membuat game R.P.G. serupa. mungkin anda salah satu dari orang –orang itu, jadi anda bisa mulai mencari program ini. Sebab dengan program ini anda dapat membuat game R.P.G sebebas-bebas mungkin .
R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game).
Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami, karena dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit.
Umumnya banyak orang-orang yang mulai membuat game karena kecintaanya dengan dunia R.P.G , Misalkan setelah bermain “Suikoden “ atau “Final Fantasy”,seseorang merasa ingin membuat game R.P.G. serupa. mungkin anda salah satu dari orang –orang itu, jadi anda bisa mulai mencari program ini. Sebab dengan program ini anda dapat membuat game R.P.G sebebas-bebas mungkin .
Script yang dipakai dalam RPGmaker XP adalah RGSS (Ruby Game Scripting System,sebuah system script turunan dari bahasa Ruby),sementara untuk RPGmaker terbaru (RPGmaker VX) yang dipakai adalah pengembangan dari RGSS,yaitu RGSS2.
AGS( Adventure Game Studio)
AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. Mungkin sebagian dari anda ada yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan “point and click”. Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle. Game bertipe ini dimainkan dengan menggunakan mouse sebagai penentu arah bagi karakter, game bertipe ini sendiri sempat meledak dan mengalahkan game console “Atari”, ketika awal kebangkitan game PC.
Contoh –contoh game bertipe point and click adalah:
Clock Tower ( playstation one), Broken Sword, Monkey Island ,Day of the Tentacle. Jadi bagi anda yang penasaran atau hobi membuat cerita petualangan atau fiksi ilmiah dan ingin membuat cerita tsb menjadi game , anda bisa menggunakan program ini.
Clock Tower ( playstation one), Broken Sword, Monkey Island ,Day of the Tentacle. Jadi bagi anda yang penasaran atau hobi membuat cerita petualangan atau fiksi ilmiah dan ingin membuat cerita tsb menjadi game , anda bisa menggunakan program ini.
Macromedia Flash (Sekarang Adobe Flash)
Developer: Macromedia (Sekarang Adobe)Difficulty: Easy
Mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang program yang satu ini.
Difficulty: Intermediate
Program ini sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Namun selain itu dengan sedikit kreatifitas anda dapat membuat game sederhana dengan program ini. Sebab program ini tidak ditujukan untuk membuat game yang berat.
3D Game Studio
Developer: ConitecDifficulty: Intermediate
Program yang satu ini ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan , program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game. Kelebihan dari program ini adalah , anda dapat membuat game sekelas dengan “Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft Auto”, dll . Jadi bila anda sudah mengerti tentang dasar dari membuat game, mungkin anda dapat mencoba program
ini.Dalam 3D Game Studio terdapat 3 program utama,yaitu:
- MED (Model Editor) – Program yang berfungsi sebagai editor model bagi 3D Game Studio
- SED (Script Editor) – Sebagai pengolah script dalam 3D Game Studio,script standar yang dipakai adalah C-Script dan Lite C.
- WED (Level Editor) – Sebagai pengolah level/area permainan bagi 3D Game Studio.
Itu adalah sedikit dari sekian banyaknya program yang dapat anda gunakan. Masih banyak program-program lainnya yang dapat anda gunakan untuk membuat game.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar